Sabtu, 12 April 2014

MAKNA KERJASAMA

Sapu Lidi



Keharmonisan hubungan produser dan sutradara sangat menentukan keberhasilan dalam pembuatan film. Namun, karakter seseorang sutradara biasanya ingin berkreasi sebebas mungkin. Di sisi lain, seorang produser biasanya dicekoki dengan pikiran untuk terus menghemat pengeluaran. Tidak mengherankan ketika ada banyak sutradara dan produser yang kemudian tidak bisa bekerjasama dengan baik.

Pada usia 26 tahun, Steven Spielberg diberi kontrak pertama untuk menyutradarai Jaws. Film pertamanya ini diproduksi oleh Universal. Pihak produser mengeluhkan film ini, ia menggambarkannya sebagai film tersulit pembuatannya di dunia. Saking beratnya tekanan yang dirasakan Steven Spielberg, teman-temannya menggambarkan ia bertambah tua 10 tahun setelah syuting 159 hari.
Namun Steven Spielberg masih beruntung, ada sebuah film yang “memakan korban” seorang sutradara. Sang produser menunjuk sutradara muda yang belum berpengalaman. Imajinasi sang sutradara tampaknya tidak sesuai dengan besarnya biaya yang tersedia digelontorkan pihak produser.
Ketika sedang syuting untuk salah satu adegan film, tiba-tiba telepon berbunyi dan ternyata itu sebuah pemberitahuan bahwa sang sutradara dipecat saat itu juga. Berkat keberhasilan Steven Spielberg sebagai sutradara di berbagai film, termasuk Jaws, Steven Spielberg berhasil mengubah nasib menjadi produser.
Lalu, bagaimanakah karakternya setelah beralih profesi menjadi produser? Sutradara Bob Zemeckis menggambarkan Steven Spielberg sebagai produser terbaik di dunia. Bob diberi tugas sebagai sutradara di film Back to the Future. Ia mengatakan bahwa Steven Spielberg membangun suasana yang sangat nyaman ketika membuat sebuah film. “Kerjakan saja, apa yang kau mau! Ini filmmu! Tapi kalau kau membutuhkanku, aku ada di sini,” ujar Steven Spielberg sang produser.
Steven Spielberg sudah pernah merasakan posisi sutradara sehingga ketika ia menjadi produser, ia mampu bersikap lebih baik dibandingkan produser lain. Berkat sosok sepertinya, kita berkesempatan untuk menyaksikan film-film terbaik di dunia saat ini.
Kerjasama bisa diartikan kekompakkan dan persatuan. Satu lidi akan lebih lemah dibandingkan jika satu lidi tersebut dikumpulkan menjadi banyak. Itu adalah makna persatuan. Akan tetapi dalam kerjasama, memang lidi yang satu akan menjadi lemah dan tidak bisa berdiri sendiri. Tapi, beberapa lidi yang digabung sudah cukup akan membuatnya semakin kuat, asalkan dia mampu bekerja sama. Artinya, lidi tersebut tidak saling terpisah dan tidak bekerja sendiri-sendiri.
Harus ada sinkronisasi di antaranya walau hanya lima lidi yang bersatu dan saling kerjasama, sudah barang pasti akan menghasilkan hasil yang baik dibandingkan hanya satu lidi saja. Tapi, berapa pun lidi yang dikumpulkan, jika tidak diikat dalam satu tali, maka itu tidak berguna. Benar yang dikatakan oleh Vista M. Kelly, “Butiran-butiran salju merupakan salah satu benda alam yang lembut, tetapi lihat yang diakibatkannya bila mereka saling melekat”. Melekat di sini berarti kerjasama sehingga salju yang saling melekat akan kuat dibandingkan berdiri sendiri”.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts